Mari Mengenal Lebih Jauh Web Hosting Dan Layanannya

Apa itu web hosting?

Pada mulanya web hosting merupakan sistem yang diperkenalkan di dunia game (walaupun sebenarnya tidak cukup untuk disebut sistem) dan bukanlah sistem yang sangat umum pada tahun 2002. Web hosting adalah sebuah perangkat komputer yang tersambung dengan layanan internet dan berfungsi untuk menyimpan data-data website agar nantinya bisa diakses siapa saja secara online. Informasi yang ditampilkan pada website dapat terjadi berkat adanya web hosting.

Segala informasi pada website tersimpan pada server web hosting yang letaknya ada di ruang penyimpanan data yang biasa disebut data center. Para pemilik website lebih memilih untuk menyewa jasa web hosting karena dianggap membantu dalam pengelolaan website. Selain itu, mempercayakan situs web pada web hosting dinilai lebih optimal dan memuaskan.

Apa itu layanan web hosting?

Sesuai pengertian web hosting, maka ini mengacu pada bisnis layanan yang mengoperasikan situs web Internet sebagai gantinya. Ini adalah layanan yang memberikan efek yang sama seperti perusahaan telekomunikasi besar atau perusahaan khusus mengalokasikan server Internet mereka kepada pelanggan dan pelanggan langsung mengoperasikan situs web.

Ini digunakan oleh banyak individu atau bisnis individu yang mengalami kesulitan memiliki situs web terpisah. Sekitar 90% situs web dengan bentuk ‘http://www.nama perusahaan.co.id (atau com)’ menggunakan layanan ini.  Pada intinya, Web hosting adalah layanan di mana beberapa homepage dioperasikan di satu server, seperti beberapa rumah tangga yang tinggal di gedung apartemen.

Perbedaan antara web hosting dan server hosting

Beroperasi pada satu server berarti tidak hanya sumber daya perangkat keras seperti CPU / memori / jumlah transfer jaringan, tetapi juga lingkungan perangkat lunak dan sumber daya seperti versi php, versi Apache, dan versi My-SQL yang dibagikan.

Jika Anda melihat keuntungan dari web hosting, Anda bisa mendapatkan lingkungan pengembangan dengan biaya rendah, dan berbicara tentang kerugiannya, jika Anda berbagi semua sumber daya dan menggunakannya, ada masalah sulit untuk membangun lingkungan untuk pengembangan. layanan khusus Anda sendiri.

Dalam kasus dunia game, mereka merasakan keterbatasan homepage gratis dan memindahkan homepage mereka ke web hosting. Alasan terbesar untuk pindah adalah bahwa saya sangat merasakan kebutuhan akan sesuatu yang dikembangkan untuk komunikasi dua arah dan perolehan informasi dasar untuk pemasaran melalui pendaftaran keanggotaan. 

Pada saat itu, beranda gratis tidak menyediakan lingkungan untuk pemrograman web dan lingkungan basis data untuk memasuki fungsi pengembangan.Kami tidak punya pilihan selain memindahkan lingkungan kami ke hosting web. Akibat hal itu, dunia game tidak bisa lagi dioperasikan secara gratis, dan akhirnya dipindahkan ke era berbayar, web hosting.

Jenis Web Hosting

 Layanan web hosting diklasifikasikan menurut kriteria berikut, dan produk disusun dengan menggabungkan kategori di bawah ini:

Jenis layanan web hosting dapat dibagi secara luas menjadi OS. Diantaranya hosting Linux dan hosting Windows NT. Umumnya, Linux menyediakan pemrograman PHP dan NT serta menyediakan lingkungan bahasa pemrograman ASP atau .NET. Ada dua jenis DB yang digunakan: My-SQL dan MS-SQL Di Linux, My-SQL, dan di lingkungan Winodws NT, MS-SQL DB umumnya disediakan.

Selanjutnya, mari kita lihat karakteristik masing-masing sistem basis data, yang merupakan sistem terpenting dalam layanan web. 

My-SQL adalah database open source yang representatif dan pada dasarnya gratis, sehingga dapat digunakan secara ekonomis dan tanpa beban. Namun, karena ada berbagai versi, Anda dapat membeli dan menggunakannya dengan biaya tertentu. Jika Anda membeli dan menggunakan dengan biaya tertentu, Anda dapat menerima dukungan resmi, jadi membeli produk berbayar mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk bisnis. Juga, karena My-SQL diakuisisi oleh Oracle, pengembang inti yang mengembangkan My-SQL membuat dan mengoperasikan database open source baru yang disebut Maria DB, dan banyak pendukung open source beralih ke Maria DB.

Database lain adalah MS-SQL, dan kelemahan terbesar MS-SQL adalah ketergantungannya pada sistem operasi. Artinya, ia memiliki kelemahan hanya dapat digunakan di seri MS Windows (terutama seri Server). Di sisi lain, karena ini adalah produk yang dirilis oleh MS raksasa, ia memiliki keunggulan layanan dukungan yang baik dan juga memiliki keuntungan karena kompatibel dengan Visual Studio, alat pengembangan dari MS, dan menyediakan antarmuka yang nyaman.

Selain My-SQL dan MS-SQL yang dijelaskan di atas, database seperti Oracle dan MS-Access ada, tetapi tidak digunakan dengan baik di hosting web umum. (Dalam kasus Oracle, meskipun banyak digunakan, tingkat penggunaan baru-baru ini turun jauh dibandingkan dengan My-SQL atau MS-SQL.) Dalam hal bahasa pengembangan, My-SQL terutama menggunakan bahasa PHP, sedangkan MS -SQL adalah ASP atau. NET digunakan dalam banyak kasus.

Lingkungan yang saya rekomendasikan adalah layanan web hosting yang menyediakan lingkungan bahasa PHP dan MySQL pada OS Linux. Hosting web yang disediakan di lingkungan Windows NT mungkin lebih nyaman dalam hal penggunaan, tetapi untuk mengoperasikan server web secara gratis atau dengan biaya terendah di masa mendatang. Anda harus memilih lingkungan hosting web yang diatur di Linux lingkungan. Sementara itu untuk web hosting, Linux, PHP, dan MySQL adalah yang termurah dari segi biaya.

Mengenai perbedaan antara lingkungan Windows NT dan lingkungan Linux, keuntungan dan kerugian dapat dibahas secara rinci dalam hal aspek perangkat lunak dan perangkat keras, tetapi jika biaya adalah pertimbangan yang paling penting, tentu saja lingkungan Linux harus dipilih.

Ada beberapa jenis Linux yang ada saat ini (Red Hat, Cent OS, dll), tetapi kita tidak perlu khawatir tentang jenis OS Linux. Pilih saja layanan yang paling murah dan sesuai dengan ukuran website yang akan Anda jalankan.

Meskipun harga adalah syarat terpenting untuk memilih hosting web, jika Anda memilih layanan yang tidak sesuai dengan ukuran layanan Anda, pengguna yang mengunjungi situs Anda akan selalu melihat pemuatan yang lambat dan layar yang sering tidak terjangkau.

Murah belum tentu bagus. Anda perlu mengantisipasi ukuran layanan yang akan Anda buat, dan memilih layanan yang murah namun sesuai dengan ukuran situs Anda

Memilih Layanan Web Hosting

Mari kita mengambil contoh dari layanan seperti apa yang dipilih dunia game?

Dunia game di era web hosting awal membutuhkan sekitar 5.000 pengunjung harian, 10 Gbyte transfer data per hari, dan sekitar 10 Gbyte ruang HDD.

Sebagai cara untuk memeriksa pengunjung dan lalu lintas situs Anda, Anda dapat menggunakan statistik jaringan yang disediakan oleh layanan beranda gratis atau menggunakan alat analisis log untuk mendapatkan informasi tentang lalu lintas situs Anda saat ini. Lalu, produk seperti apa yang sebaiknya digunakan untuk “dunia game” zaman ini?

Mempertimbangkan lalu lintas dan ruang web dengan contoh dunia game, Anda harus membeli produk yang disebut “I-Special” sehingga pengunjung dunia game dapat menggunakan situs tanpa banyak kesulitan.

Jadi, jika Anda adalah pengguna pertama situs web? 

Tentu saja, Anda harus memilih yang termurah. Seperti yang akan Anda lihat nanti, jika Anda membuat situs web sendiri, Anda akan menemukan bahwa hampir tidak ada 10 pengunjung pada saat pembuatan. Jika ada 10 pengunjung, 5 di antaranya adalah orang yang membuat website tersebut, dan 5 sisanya adalah teman atau kenalan yang mengumumkan bahwa saya membuka website tersebut.

Jika Anda membutuhkan kapasitas atau lalu lintas tambahan untuk hosting web, Anda dapat mengajukan permohonan untuk produk tambahan, dan tentu saja, mengajukan permohonan tambahan layanan seperti ini, tentu saja akan meningkatkan biaya.(Sebenarnya, dengan membandingkan biaya ini dengan biaya server web, Anda akan memikirkan layanan mana yang akan dioperasikan.)

Tidak perlu mentransfer layanan ke web hosting sebelum mencapai ukuran tertentu, tetapi untuk mendapatkan lingkungan pemrograman web untuk pendaftaran keanggotaan, tidak dapat dihindari untuk membuat situs web menggunakan web hosting atau server hosting.

Di masa lalu, ada beberapa perusahaan web hosting yang mendukung bahasa atau database untuk program gratis, tetapi sekarang sebagian besar perusahaan web hosting gratis ditutup setelah gelembung Internet.

Pilihan antara web hosting atau server hosting tidak hanya terbatas pada harga. Jika itu adalah layanan tingkat uji, Anda dapat membangun layanan melalui web hosting termurah, dan jika Anda ingin membangun layanan skala besar, Anda bisa mendapatkan layanan hosting server.